Kriteria Software Yang Sesuai

Kriteria Software Yang Sesuai

Menentukan kriteria software BMT/KJKS terbaik dan murah memang gampang – gampang susah , kalau ditanya tiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda, Tetapi secara umum kriteria software BMT/KJKS terbaik dan murah bisa digolongan menjadi 3 bagian yaitu dari sisi fitur dari sisi biaya dan dari sisi perkembangan di masa depan.Mencari software BMT/KJKS terbaik harus memperhatikan ketiga sisi ini , agar dalam rangka  mendapatkan software BMT/KJKS terbaik , bmt syariah anda tidak terlibat masalah keuangan karena belanja IT yang sebenarnya diatas kemampuan anda. Berikut kriteria yang perlu diperhatikan.

Mampu memenuhi semua kebutuhan operasional bmt syariah  anda saat ini
saat anda ingin membeli software keuangan bmt terpadu anda harus membuat daftar apa saja kebutuhan anda , dan membandingkannya dengan fitur software bmt terpadu yang disediakan oleh vendor. Jika kebutuhan anda 100 % terpenuhi maka bisa dikatakan dari sisi fitur memang baik buat anda, jika belum teruslah mencari , anda juga perlu tahu apakah vendor juga melayani kustomisasi , atau produk software keuangan bmt terpadu itu sudah standart dan tak bisa dirubah.

 

Biaya perolehannya tidak melebihi 10 % dari permodalan bmt anda
Anda harus ingat , bahwa uang bmt syariah bukan uang anda , modal bmt syariah dikumpulkan dari para anggota bmt syariah yang mana tujuan utama pengumpulan modal adalah untuk melakukan pembiayaan produktif yang menghasilkan . Jika modal banyak tersedot ke belanja IT pembiayaan produktif anda akan bermasalah. Mungkin anda bisa mengandalkan simpanan untuk pembiayaan , tapi jika bmt syariah anda belum lama berdiri saya yakin , simpanan bmt anda belumlah besar , butuh waktu untuk membina kepercayaan masyarakat menaruh uangnya di bmt syariah anda.

 

Biaya operasionalnya  bulanannya tidak melebihi  10 % dari pendapatan bagi hasil tiap bulan bmt anda
Pendapatan bagi hasil bmt  syariah biasanya  30-50 % dibagikan untuk penyimpan dana , 20-40 untuk gaji pegawai , 20 -30 % lagi untuk lain – lain termasuk biaya operasional it . Jika biaya operasional it   lebih dari 10 % , lain – lain ini bisa bermasalah , ini bukanlah rumus pasti semuanya tergantung kebijakan masing – masing melihat situasi dan kondisi di lapangan.

 

Mengakomodasi perkembangan bmt syariah di masa depan
BMT didirikan dengan niatan untuk terus tumbuh dan berkembang ke seluruh nusantara , itu harapannya , anda tentunya ingin seperti kospin jasa syariah yang bertebaran di seluruh indonesia .  Seandainya BMT syariah anda berkembang dan menyebar keseluruh indonesia sistem anda sebaiknya masih memiliki kesanggupan melayani ke semua cabang dengan baik , syukur – syukur bisa melakukan transaksi antar cabang dan terpadu sistemnya. sehingga ini akan mempermudah nasabah dalam melakukan penarikan dan penyetoran dimana saja sepanjang ada cabangnnya.

Sumber : http://saturnus-software-bmt.blogspot.com/2014/06/kriteria-software-bmtkjks-terbaik.html